Cara Membuat WiFi Hotspot Dengan CMD di Windows 7, 8, dan 10 MUDAH

Hotspot merupakan istilah yang digunakan pada area dimaka user dapat mengakses jaringan internet secara wirelles atau tanpa kabel menggunakan berbagai media komunikasi seperti komputer, laptop, netbook, atau smartphone dengan jangkauan radius beberapa ratus meter tergantung kekuatan signal dan frekuensinya.

Sumber hotspot sendiri bermacam-macam, mulai dari Router, Modem WiFi atau Mifi, modem USB, dan menggunakan HP untuk thethering, jenis-jenis perangkat digunakan sebagai media koneksi internet. Beberapa perangkat tersebut ada yang bisa digunakan untuk menyambungkan koneksi ke beberapa perangkat komputer, laptop atau smartphone, namun ada juga yang hanya bisa digunakan untuk satu perangkat saja, seperti pada modem USB. Lalu bagaimana jika kita ingin menggunakan beberapa perangkat tapi koneksi yang digunakan hanya bisa digunakan oleh satu perangkat saja? Jika demikian maka solusi yang bisa dilakukan adalah dengan membuat hotspot WiFi menggunakan laptop atau komputer.

Membuat hotspot WiFi menggunakan laptop atau komputer bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur Command Prompt (CMD) pada sistem operasi windows, baik pada windows 7, windows 8, atau windows 10. Untuk lebih jelasnya simak cara membuat WiFi Hotspot Dengan CMD di Windows 7, 8, dan 10 dengan mudah.

Alat dan Persiapan

Untuk membuat hotspot dengan cmd, dibutuhkan komputer atau laptop yang menggunakan os windows 7, windows 8 atau windows 10 untuk digunakan sebagai pemancar wifinya.

Untuk perangkat komputer, sediakan WIFI Receiver dengan bentuk seperti USB yang digunakan untuk Receiver sebagai pemancar Wifi.

Sedangkan untuk laptop biasanya sudah terdapat komponen internal yang digunakan sebagai penerima sinyal Wifi sehingga tidak lagi membutuhkan Receiver.

Siapkan modem USB yang digunakan sebagai sumber utama koneksi internet.

Cara Membuat WiFi Hotspot Dengan CMD di Windows 10, Windows 8 dan Windows 7.

Pada dasarnya untuk membuat wifi hotspot dengan perintah CMD pada windows 10, windos 8 atau windows 7 adalah sama. Karena itu, proses dan cara dibawah ini bisa diterap kan pada sistem operasi windows 10, windos 8 atau windows 7. Berikut ini tutorialnya.

Pada kotak search ketik “Command Prompt” , klik kanan pilih Run As Administrator.

Pada kotak command prompt ketik perintah

netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NAMA key=Password Minimal 8 Karakter.

Lalu Enter

Selanjutnya input perintah

netsh wlan start hostednetwork,

lalu Enter. dan secara otomatis windows mulai mengaktifkan Hotspot.

Langkah diatas merupakan cara pengaktifan Wifi pada CMD nya saja, selanjutnya aktifkan koneksi dengan melakukan Sharing Virtual Hosted Network dengan cara berikut ini.

  • Setelah pengaturan CMD, selanjutnya pastikan Hotspot Windows sudah terdeteksi seperti dibawah ini.

  • Lalu klik kanan pada jaringan tersebut, pilih Open Network and Sharing Center.

  • Selanjutnya pilih Properties.
  • Pada jendela Sharing, pilih Allow orther network users to connect through this computer’s internet connection.

  • Pada tab Home networking connection, pilih koneksi yang dibuat, seperti pada gambar sebelumnya.

  • Klik Ok dan proses selesai. Wifi Hotspot sudah bisa digunakan.

Untuk menonaktifkan wifi hotspot, buka kembali CMD lalu ketik perintah berikut:

netsh wlan stop hostednetwork

lalu Enter pada jendela Command Prompt, atau Wifi hotspot secara otomatis akan mati ketika komputer shutdown atau restart.

Cara Mengatasi Error WiFi Hotspot

Dengan melakukan langkah diatas, harusnya wifi hotspot sudah bisa berjalan normal dan hotspot secara otomatis akan menyala. Namun pada beberapa kasus akan terjadi error dengan muncul notifikasi yang menyebabkan sinkronisasi gagal. Biasanya notifikasi berikut ini.

“An error occurred while Internet Connection Sharing was being enabled”

Untuk mengatasi error tersebut berikut ini solusinya:

Tekan tombol Windows + R , lalu ketik MSCONFIG, OK.

Lalu pilih tab Service, dan centang pada beberapa option dibawah ini.

Klik Apply, ok dan restart komputer atau laptop.

Dan coba kembali lakukan sinkronisasi koneksi internet dengan wifi hotspot. Semoga berhasil.

Itulah informasi tentang Cara Membuat WiFi Hotspot Dengan CMD di Windows 7, 8, dan 10 MUDAH . Lengkap Penjelasannya. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.