Cara Mengatasi Windows Error Recovery di Windows 10, 8, 8.1 dan 7 dengan Penyebabnya

2 min read

Bagi pengguna komputer atau laptop khususnya dengan OS Windows pasti pernah mengalami error pada Windows selama digunakan. Error pada windows yang paling banyak di temui biasanya terjadi ketika pertama kali komputer atau laptop dinyalakan dengan berbagai macam error yang terjadi seperti komputer tidak bisa booting, disk read error occured, inaccessible boot device, windows error recovery dan masih banyak lagi error-error yang ditemukan.

Salah satu error yang sering terjadi pada perangkat komputer seperti windows error recovery. Padahal perlu dipahami jika sebenarnya windows error recovery bukanlah sebuah error pada komputer, hal tersebut merupakan sebuah laman untuk menjalankan fungsi tertentu ketika sistem mengalami masalah. Namun munculnya windows error recovery akan menjadi masalah ketika halaman ini terus muncul bahkan ketika windows dilakukan restart ulang dan menyebabkan komputer tidak masuk ke menu atau desktop windows.

Masalah tersebut tentunya sangat mengganggu, untuk ini bagi anda yang mengalami windows error recovery berikut ini akan kami berikan informasi dan Cara Mengatasi Windows Error Recovery di Windows 10, 8, 8.1 dan 7 dengan Penyebabnya.

Penyebab Windows Error Recovery di Windows

Berikut ini penyebab umum windows mengalami masalah Windows Error Recovery, yaitu:

  • Virus dan Malware dapat mempengaruhi banyak kerusakan data salah satunya menyebabkan masalah saat booting windows dan menyebabkan Windows Error Recovery.
  • Data Sistem Corrupt merupkan kerusakan data yang tidak terbaca oleh komputer sehingga menyebabkan masalah ketika komputer booting.
  • Komputer/Laptop tiba-tiba mati biasanya akan muncul windows error recovery secara otomatis ketika komputer/laptop dihidupkan kembali.

Dan masih banyak penyebab lain yang sering menyebabkan komputer/laptop muncul windows error recovery. Setelah mengetahui penyebabnya selanjutnya kita ketahui cara mengatasi masalah akibat windows error recovery berikut ini.

Cara Mengatasi Windows Error Recovery dengan Startup Repair

Startup Repair adalah fitur yang dapat dijalankan melalui halaman Windows Error Recovery yang dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki error akibat masalah ketika booting.

  • Terlebih dahulu restart komputer/laptop anda.
  • Setelah muncul Windows Error Recovery –>> Pilih Repair Your Computer
  • Lalu pada metode input pilih US –>> Next
  • Selanjutnya akan muncul halaman Recovery Options –>> lanjutkan klik Startup Repair dan tunggu proses recovery hingga selesai.

Setelah itu, secara otomatis windows akan mencari penyebab dan memperbaiki masalah error. Lamanya proses perbaikan tergantung dari kapasitas Hardware penyimpanan dalam sistem operasi. Setelah proses selasai, selanjutnya restart komputer/laptop dan perhatikan perubahan pada saat booting.

Cara Mengatasi Windows Error Recovery dengan CMD

CMD atau Command Prompt adalah fitur yang berfungsi untuk menjalankan perintah tertentu, seperti memperbaiki sistem windows. Namun kali ini kita menggunakan Command Prompt hanya untuk menonaktifkan fungsi Recovery sehingga Windows Error Recovery tidak kembali muncul.

  • Buka halaman Recovery Options atau dengan buka dialog RUN dengan tekan Win+R
  • Lalu ketik cmd –>> Enter
  • Selanjutnya ketik perintah bcdedit /set {current} bootstatuspolicy ignoreallfailures –>> Enter
  • Lalu restart komputer/laptop.

Cara Mengatasi Windows Error Recovery dengan System Restore

System Restore adalah fitur yang memungkinkan sistem error windows dapat dikembalikan pada waktu tertentu dan cukup efektif untuk mengatasi error saat booting.

  • Masuk ke menu Recovery Options menggunakan cara yang dijelaskan sebelumnya
  • Lalu pada jendela selanjutnya pilih System Restore –>> Next untuk melanjutkan
  • Setelah itu kembalikan sistem menggunakan Restore Point yang tersedia
  • Tunggu hingga proses selesai dan klik finish untuk mengakhiri.

Setelah proses selesai, restart kembali komputer/laptop dan biasanya proses loading awal akan sedikit lama.

Cara Mengatasi Windows Error Recovery dengan Reinstall Windows

Cara paling mentok atau cara terakhir yang dapat dilakukan untuk mengatasi Windows Error Recovery yaitu dengan melakukan install ulang windows. Namun cara ini hanya dilakukan ketika cara diatas tidak dapat mengatasi masalah anda.

Sebelum melakukan install ulang terlebih dahulu pastikan masalah Windows Error Recovery bukan disebabkan karena adanya kerusakan pada sistem hardware. Dengan melakukan install ulang maka masalah Windows Error Recovery akan hilang sepenuhnya.

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Mengatasi Windows Error Recovery di Windows 10, 8, 8.1 dan 7 dengan Penyebabnya . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.