Macam-Macam Jenis dan Fungsi Perangkat Jaringan Komputer Lengkap dengan Penjelasannya

Seperti yang kita ketahui, untuk melakukan kegiatan berkirim data di internet melalui komputer dibutuhkan sebuah jaringan komputer untuk mendukung kinerja dalam proses peroperasian perangkat sehingga dapat saling berbagi file, data atau sumber daya lain.

Agar dapat beroperasi sebagaimana mestinya, jaringan komputer didukung oleh beberapa komponen perangkat hardware dan software agar dapat membuat sebuah jaringan komputer. Untuk lebih jelasnya simak macam-macam jenis perangkat jaringan komputer dibawah ini.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah dua komputer atau lebih yang saling berhubungan dalam sebuah jaringan komputer agar bisa berkomunikasi dan melakukan proses berbagi data, file dan sumberdaya lainnya.

Jaringan komputer terdiri dari kombinasi perangkat hardware dan software yang pada setiap komputer memiliki kartu jaringan yang selanjutnya akan dikoneksikan melalui kabel atau tanpa kabel (nirkabel) sebagai media transmisi data.

Untuk membuat jaringan komputer dibutuhkan beberapa perangkat sebagai media pengirim dara seperti Router, wireless card, lan card dan lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini macam-macam perangkat jaringan komputer.

Baca Juga : Macam Layanan Internet dan Fungsinya

Macam-Macam Perangkat Jaringan Komputer

1. Router

Router adalah perangkat jaringan untuk menghubungkan dua jaringan atau lebih agar pengiriman data dari perangkat satu ke perangkat lainnya dapat diterima. Dengan Router maka dua jaringan yang berbeda contohnya pada komputer dengan ip 168.155.122.6/21 bisa terhubung ke 153.180.351.4/21 dan sebaliknya.

Router memiliki cara kerja yang mirip dengan bridge, yaitu dengan meneruskan paket data. melakukan partisi jaringan dalam beberapa segmen dan menyatukan segmen-segmen jaringan, perbedaannya hanya Router terdapat pada lapisan ketiga OSI.

2. Bridge

Bridge adalah perangkat yang berfungsi untuk memperluas jaringan dan membuat segmen jaringan. Bridge memiliki cara kerja dengan mengenali alamat MAC yang mentransmisi data ke jaringan dan selanjutnya Bridge akan secara otomatis membuat tabel. Bridge memiliki kelebihan dapat menentukan segmen yang akan di rooting atau disaring.

3. Repeater

Repeater adalah perangkat yang memiliki fungsi memperkuat sinyak jaringan dengan menerima sinyal dari suatu segmen lalu akan memancarkan kembali sinyal dengan kekuatan yang sama.

4. Hub

Hub adalah perangkat yang digunakan untuk menyambungkan kabel network dari tiap-tiap workstatio, server atau perangkat lainnya. Umumnya perangkat ini digunakan untuk membangun topologi bintang.

6. Switch

Switch memiliki fungsi yang hampir sama dengan HUB, hanya saja Switch memiliki cara kerja yang lebih rumit. Tidak hanya mengatasi masalah sinyal listrik, Switch juga berfungsi untuk memproses informasi pada layer data link. Switch melakukan pengecekan informasi alamat MAC address dari perangkat komputer yang terhubung dengannya.

Baca Juga : Komponen Motherboard dan Fungsinya

6. Network Interface Card (NIC)

NIC atau lebih dikenal dengan LAN Card adalah kartu jaringan yang memiliki fungsi sebagai penghubung antar komputer dengan jaringan. Biasanya NIC sudah terhubung dengan motherboard atau di laptop, sehingga dapat terhubung dengan jaringan melalui koneksi kabel.

7. Modem

Modem adalah media penghubung ke jaringan internet yang berfungsi mengubah sintal Analog menjadi Digital. Pergantian sinyal pada modem dari sinyal digital komputer ke sinyal analog terjadi ketika melewati medium lalu modem akan kembali merubah sinyal menjadi sinyal digital saat menuju komputer tujuan.

8. Kabel Jaringan

Kabel jaringan adalah media penghubung antar perangkat jaringan dengan komputer atau perangkat komputer dengan komputer lainnya. Beberapa jenis kabel yang sering digunakan pada jaringan komputer yaitu kabel Fiber Optic, kabel Coaxial dan kabel Twisted Pair (UTP dan STP).

Baca Juga : Arti Bunyi Beep Pada Komputer

9. Konektor

Konekctor adalah alat yang digunakan utnuk menghubungkan kabel dengan network adapter. KOnektor memiliki fungsi yang sangat penting, karena tanpa adanya konektor kabel-kable jaringan tidak dapat terhubung dengan networ adapter yang ada pada perangkat jaringan seperti router, hub, switch dan lainnya. Terdapat beberapa jenis konektor tergantung dengan jenis kabel yang digunakan. yaitu Konektor RJ-45 digunakan untuk Kabel UTP. Konektor BNC/T digunakan untuk Kabel Coaxial dan Konektor ST digunakan untuk Kabel Fiber Optic.

10. Server

Server adalah alat yang digunakan untuk mencontrol jaringan dan memberikan layanan kepada client, server berfungsi juga sebagai media penyimpanan informasi dan mengelola suatu jaringan komputer. Server harus memiliki spesifikasi perangkat yang lebih tinggi dibandingkan client, karena komputer server memiliki tugas untuk melayani semua permintaan dari beberapa client. Selain itu, komputer server juga memiliki sistem operasi khusus untuk mendukung layanan yang diperintahkan oleh client.

Itulah informasi tentang Macam-Macam Jenis dan Fungsi Perangkat Jaringan Komputer. Dengan adanya perangan tersebut maka komputer dapat saling terhubung dan bertukar data. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.